Memilih lantai kamar mandi yang baik | Konsep Rumah

Thursday, May 22, 2014

Kamar mandi termasuk bagian terpenting pada sebuah rumah, keberadaannya merupakan keharusan untuk semua konsep (minimalis, moder atau mewah). Rumah tidak layak huni jika tidak ada kamar mandi dan tioilet. dalam membangunnya perlu diperhatikan tata letak, interior sesuai fungsi dan budaya penggunanya. Salah satu interior paling penting diperhatikan adalah lantai, jika salah memilih maka kamar mandi tersebut bisa menjadi sumber bencana bagi segenap penghuni rumah.

kita sering remeh dalam memilih lantai kamar mandi, padahal peranannya sama penting dengan bak air, shower dan toilet. mengapa lantai sangat penting diperhatikan? karena kebanyakan aktiitas dalam ruangan ini dilakukan di lantai. Berikut ini beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan jenis lantai kamar mandi:
  1. Sebaiknya terbuat dari keramik atau batu alam. Jika hanya menggunakan semen plaster dipastikan lantai kamar mandi mudah licin dan berbahaya bagi penghuni rumah.
  2. Jika menggunakan keramik maka pilih keramik lantai khusus untuk kamar mandi yang tekstur permukaannya lebih kasar.
  3. Begitu juga jika menggunakan batu alam, harus dipilih lempengan batu yang teksturnya agak kasar.
  4. Untuk matching dan ekstetika warna maka sesuaikan warnanya dengan warna tembok.
Menggunakan batu alam sebagai lantai kamar mandi memang mampu memperindah ruangan. Batu alam juga mampu menimbulkan kesan mewah,  hanya saja batu alam lebih mudah lumutan daripada keramik. Jadi jika kita rtermasuk orang yang kurang rajin membersihkan kamar mandi sebaiknya gunakan keramik sebagai lantai.

Siapa yang memilih lantai kamar mandi? sebaiknya kitalah sebagai pemilik rumah yang menentukan jenis lantai. Jika kita menyerahkan sepenuhnya pada tukang/ kontraktor, biasanya mereka akan memilih keramik yang harganya lebih murah tanpa memperhatikan kondisi (umur) penghuni rumah. Umur pengguna kamar mandi menjadi faktor utama dalam memilih lantai dan desain kamar mandi, ingatlah orang tua dan balita mudah terpeleset.

Keramik kamar mandi tersedia di semua toko bangunan, dengan berbagai pilihan harga mulai Rp. 45.000/ kotak hingga ratusan ribu. Lantai batu alam bisa dipilih dan dibeli di usaha pertamanan (prasasti), selain itu saat ini banyak toko bangunan juga menjual lantai batu alam ini, harganya cenderung lebih mahal dari keramik.

Berikut contoh keramik untuk lantai kamar mandi:
model keramik kamar mandi
Contoh penggunaan batu alam sebagai lantai:
contoh lantai batu alam untuk kamar mandi

Sebenarnya masih ada satu lagi jenis bahan yang sering digunakan untuk lantai kamar mandi selain keramik dan batu alam, yakni lantai dari Vinyl, di lain kesempatan kita akan membahas juga tentang vinyl ini. Semoga artikel singkat ini bermanfaat.

Labels: ,

Anda sedang membaca artikel Memilih lantai kamar mandi yang baik di blog Konsep Rumah. Sampaikan kritik saran anda kepada Author blog ini melalaui form kometar atau contact. Posted by Cineti Kreasi at 20:17

Apa tanggapan anda?

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home

Newer›  ‹Older