Konsep kamar mandi kecil untuk rumah minimalis | Konsep Rumah

Friday, February 26, 2016

Pada awalnya permintaan rumah minimalis didasarkan atas keterbatasan lahan, sehingga dibangunlah rumah dengan fungsi dasar saja. Minimalis itu sendiri bisa diartikan memenuhi standar kebutuhan dasar tidak lebih dan tidak kurang. Apa standar dasar sebuah rumah? Standarnya adalah: ada kamar tidur, ruang tamu, dapur dan kamar mandi. Ruang makan dan ruang kerja itu bukanlah syarat dasar sebuah rumah, karena fungsinya bisa dirangkap pada ruangan lain. Ruang tamu bisa sekaligus merangkap sebagai ruang makan, Kamar pribadi bisa merangkap sebagai ruang kerja.

Kamar mandi merupakan syarat dasar sebuah rumah, jadi pada rumah minimalis sekalipun kamar mandi harus tetap ada. Kamar mandi ini merangkap juga sebagai toilet dan tempat menyuci. Oleh karena itu walaupun kamar mandinya kecil haruslah ditata agar terlihat lapang serta dapat digunakan juga sebagai toilet dan tempat menyuci pakaian.

Syarat dasar sebuah kamar mandi yang merangkap sebagai toilet / WC:
  • Ada bak mandi
  • Ada Toilet
Kedua hal tersebut haru ada didalamnya walaupun ukurannya kecil. Perlengkapan / peralatan yang sebaiknya ada di dalam kamar mandi tersebut; gayung, rak sabun lengkap dengan isinya, cermin dan gantungan pakaian / handuk. Sering sekali kita melihat gambar kamar mandi minimalis yang cantik tapi tidak tersedia gantungan pakaian, padahal keberadaanya sangat penting. Coba anda bayangkan ketika anda masuk ke sebuah kamar mandi orang lain untuk mandi, dan didalam kamar mandi tersebut ternyata tidak ada gantungan kain, pasitinya anda akan merasa kurang nyaman.

Arah pintu kamar mandi juga sebaiknya diperhatikan dengan seksama, pintunya sebaiknya jangan dibuat menghadap ke ruang tamu. Pintu kamar mandi juga jangan terbuat dari kayu yang kokoh, cukup gunakan pintu fiber atau aluminium yang mudah didobrak dalam keadaan darurat. Jadi jika suatu saat ada insiden di kamar mandi (orang tua jatuh/ anak kecil terkurung) maka pintunya dengan mudah di buka secara paksa.

Letak cermin di kamar mandi tidak boleh terjangkau oleh anak kecil, sebaiknya posisinya pas sejajar dengan muka orang dewasa saja. Posisinya bisa diletakkan disisi tembok bak mandi atau di sebelahnya. Cermin berguna ketika ada orang yang ingin gosok gigi atau bercukur. Gunakan cermin ukuran kecil saja.

Rak sabun sebaiknya terletak disisi sebelah bak mandi, jangan letakkan di belakang pintu. Gantungan pakaian diletakkan di belakang pintu kamar mandi saja, jangan letakkan berseberangan dengan bak mandi, sebab jika diletakkan di sana kain yang digantung mudah basah terkena siraman air mandi. Itulah konsep kamar mandi untuk rumah minimalis menurut penulis.

Labels:

Anda sedang membaca artikel Konsep kamar mandi kecil untuk rumah minimalis di blog Konsep Rumah. Sampaikan kritik saran anda kepada Author blog ini melalaui form kometar atau contact. Posted by Cineti Kreasi at 16:12

Apa tanggapan anda?

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home

Newer›  ‹Older