Tips sedot wc tumpat – toilet sumbat | Konsep Rumah

Wednesday, January 27, 2016


Urusan sanitasi kadang terlihat spele saja, tapi ketika kita menghadapai masalah WC tumpat pasti seisi rumah akan direpotkan. Masak untuk buang air saja kita harus nompang ke tetangga? Kan malu… Suatu saat sebuah rumah akan mengalami permasalahan wc tumpat (septic tank penuh), untuk menyelesaikannya perlu dipanggil jasa sedot WC yang ada di kota kita. Namun sebelum memanggi jasa sedot wc pelu dipastikan penyebab utama WC tumpat tersebut. Cara memastikannya sebagai berikut:

  1. Buka septic tank (pintu kontrol), lihat apakah tank tersebut penuh atau tidak. Jika penuh berarti inilah penyebab utama WC tumpat.
  2. Jika tank kosong atau setengah penuh (tandanya; pipa pembuangan dari WC kelihatan), berarti permasalahan bukan pada septic tank tapi ada pada pipa saluran pembuangan. Jika ini terjadi maka tidak perlu memanggil jasa sedot WC, cukup beli soda api (cara penggunaan soda api tanyakan pada panglong tempat anda membelinya)

Khusus untuk point 2, selain soda api kita juga bisa menggunakan mesin pompa untuk memperlancar pipa pembuangan WC yang tersumbat tersebut, atau bisa juga dengan menyiram air dalam jumlah banyak pada WC dengan harapan benda yang menyumbat pipa akan bergerak menuju septic tank.Perlu diperhatikan jika anda tinggal di daerah rawa maka jangan mengatasi masalah wc tumpat dengan menyiramkan banyak air, karena ini juga bisa menyebabkan septic tank cepat penuh, dan masalahpun akan bertambah.

Cara paling efektif dan murah untuk mengatasi wc tumpat karena tersumbat adalah dengan menggunakan soda api, harganya juga murah kok dengan uang Rp. 20.000,- kita sudah bisa membeli 1 Kg soda api. Bandingkan bila anda menyewa jasa sedot wc, biayanya saat ini minimal 150 ribu / septic tank rumah tangga.

Tips untuk menghindari WC mampet / sumbat:
  1. Jangan buang sampah ke toilet, baik itu berupa tissue, pembalut atau benda lainnya.
  2. Pastikan limpahan air bak mandi tidak mengarah ke WC, jadi ketika kita lupa mematikan keran maka air tidak masuk ke toilet.
  3. Jangan menuang air sabun (detergen) ke toilet, karena detergen dapat membasmi bakteri pengurai yang ada di septic tank.

Itulah cara mengatasi toilet sumbat, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Labels:

Anda sedang membaca artikel Tips sedot wc tumpat – toilet sumbat di blog Konsep Rumah. Sampaikan kritik saran anda kepada Author blog ini melalaui form kometar atau contact. Posted by Cineti Kreasi at 03:45

Apa tanggapan anda?

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home

Newer›  ‹Older