Tips Membeli Rumah Bekas Untuk Investasi dan Bisnis | Konsep Rumah

Friday, September 26, 2014

Saat ini saya teringat tentang bisnis property yang prospeknya sangat menjanjikan. Bisnis tersebut telah dijalankan oleh sedikit orang dan terbukti menguntungkan. Adapun model dari bisnis tersebut adalah membeli rumah bekas dan menjualnya kembali. Jika dihitung secara cermat usaha seperti ini jauh lebih menguntungkan daripada mumbangun rumah/ komplek dan menjualnya (developer).
model rumah di daerah rawa

Kendala utama bisnis jual beli rumah bekas ini adalah ketidak pastian ada tidaknya rumah bekas yang dijual setiap saat. Berbeda halnya jika anda menjadi developer dimana setiap saat anda bisa membangun rumah/ komplek hunian selama modal mencukupi.

Adapun tips jual beli rumah bekas untuk bisnis investasi adalah sebagai berikut:
  • Survey rumah-rumah di lokasi strategis
  • Setiap ketemu rumah dijual di lokasi-lokasi tersebut cek kondisi rumah terutama terkait pondasi dan struktur bangunan.
  • Jika pondasi rumah masih cukup bagus dan walaupun ada struktur bangunan lain yang rusak jangan ragu membeli ruah tersebut sesuai dengan harga pasaran.
  • Dalm bisnis property jual beli rumah bekas ini usahakan membeli rumah yang kondisinya agak kucel agar harganya bisa sedikit lebih murah dari harga pasaran.
  • Setelah mendapatkan rumah tersebut lakukan renovasi dan modernisasi kecil-kecilan, terutama di bagian view (cat tembok, penambahan keramik, modernisasi tampilan teras dan halaman, dan lain-lain)
  • Jual kembali rumah tersebut dengan harga yang menguntungkan.
  • Biasanya rumah yang tampilannya baik dan menarik akan cepat laku.
  • Jika anda memahami konsep KPR anda juga bisa menjual rumah tersebut dengan menerima pembelian dengan sistem KPR.

Perhatian: di daerah rawan banjir biasanya banyak rumah yang di jual murah, namun demikian banyak sekali rumah di lokasi seperti ini sulit untuk direnovasi agar lebih tahan terhadap bahaya banjir, hal ini karena pondasi rumah terlalu dangkal atau jarak plafon dengan lantai terlalu dekat sehingga sulit dilakukan penimbunan. Oleh karena itu sering sekali ketika kita membeli rumah di daerah rawa dataran rendahtidak bisa direnovasi sehingga harus dirubuhkan dan dibangun ulang.

Mengenai model-model eksterior rumah yang cantik menarik tidak terlalu sulit mengadopsi dari desain-desain yang banyak tersebar di internet, sehingga masalah biaya desain bisa diminimalisir. Dalam renovasi rumah bekas yang paling penting diperhatikan adalah baik tidaknya fungsi-fungsi komponen rumah yang kita jual belikan seperti; fungsi kamar mandi/ toilet berjalan dengan baik, vetilasi cukup, terjangkau PDAM, listrik dan telepon.

Itulah sedikit gambaran tentang bisnis jual beli rumah bekas yang mungkin bisa menjadi inspirasi bagi anda yang berkunjung ke blog sederhana ini, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Labels:

Anda sedang membaca artikel Tips Membeli Rumah Bekas Untuk Investasi dan Bisnis di blog Konsep Rumah. Sampaikan kritik saran anda kepada Author blog ini melalaui form kometar atau contact. Posted by Cineti Kreasi at 10:56

Apa tanggapan anda?

1 Comments:

At November 30, 2015 at 2:32 AM , Blogger Unknown said...

Sangat menginspirsi, terma kasih

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home

Newer›  ‹Older