Contoh pagar rumah ujung persimpangan jalan | kelebihan dan kekurangan bahan | Konsep Rumah

Monday, September 19, 2016


Gambar diatas menunjukkan pagar rumah yang terletak di ujung jalan. Rumah ujung jalan, khususnya dipersimpangan biasanya membuat pagar melengkung di sisi sudut. Pagar rumah diatas dibuat dari batu. Bahan tembok batu granit banyak dijual di toko bahan bangunan, biasanya ukurannya telah distandarkan seperti ukuran batako.


Pada gambar kedua juga menunjukkan rumah yang ada di ujung persimpangan jalan. Bahan pagar yang digunakan adalah besi teralis. Sebenarnya ada kelebihan dan kekurangan dari pagar tembok dan pagar jerejak besi. Untuk rumah pinggir jalan, pagar tembok dapat meminimalisir masuknya debu jalanan ke halaman rumah, tapi sirkulasi udara menjadi terhambat. Sebaliknya, pagar jerejak besi (teralis) sirkulasi udara lebih lancar tapi debu jalanan juga lebih mudah masuk ke halaman rumah.

Pada konsep rumah minimalis, pagar rumah dibuat sesederhana mungkin sekedar melengkapi fungsi saja. Bahkan pada dasarnya rumah minimalis tidak memiliki pagar, ini bisa anda lihat contohnya seperti rumah-rumah di Amerika yang menganut konsep minimalis dalam rancangan desain rumah.


Gambar pagar rumah ke 3 diatas juga diambil dari rumah yang ada di ujung persimpangan jalan. Rumah tersebut menggunakan pagar hidup. Kelebihan pagar hidup; meminimalisir masuknya debu dari jalanan ke halaman rumah, sirkulasi udara lebih lancar daripada pagar tembok. Kekurangan pagar hidup; tanaman pagar hidup butuh perawatan rutin, seperti pemangkasan, menyapu/ membersihkan daun rontok serta penyiraman tanaman khususnya di musim kemarau.

Itulah 3 contoh pagar rumah minimalis yang berada di ujung persimpangan jalan. Baik pagar tembok, pagar hidup maupun pagar besi teralis memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, pilihlah sesuai karakter penghuni rumah. Semoga bermanfaat, lebih kurang kita diskusikan di komentar.


Labels:

Anda sedang membaca artikel Contoh pagar rumah ujung persimpangan jalan | kelebihan dan kekurangan bahan di blog Konsep Rumah. Sampaikan kritik saran anda kepada Author blog ini melalaui form kometar atau contact. Posted by Cineti Kreasi at 19:02

Apa tanggapan anda?

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home

‹Older