Pilih mana? Toilet duduk atau jongkok | Konsep Rumah

Saturday, May 17, 2014

Dalam mendesain kamar mandi yang tepat perlu juga diperhatikan jenis toilet yang akan digunakan. Kali ini saya akan membuat perbandingan sederhana tentang toilet duduk dengan jongkok, agar bisa menjadi referensi tambahan bagi kita yang sedang membangun rumah atau berencana membangun rumah idaman. Untuk urusan bentuk kamar mandi saya sarankan anda membaca artikel lannya juga di sini.
toilet duduk vs jongkok
Toilet duduk terkesan modern dan elegan di mata sebahagian orang. Ada juga yang beranggapan jenis ini tidak cocok untuk budaya orang Indonesia, yang selalu cebok dengan air setelah buang air besar. Berbeda halnya dengan orang barat, dimana mereka hanya menggunakan tissue saja. Sebenarnya selain modern dan elegan ada juga kelebihan lain dari toilet duduk ini, salah satunya; cipratan air mandi atau tumpahan air dari bak mandi tidak bisa masuk ke toilet, sehingga septic tank tidak terancam penuh karena air berlebih.

Harga toilet duduk lebih mahal daripada toilet duduk, perbedaan harganya lebih dari Rp 200 ribuan, daftar harga bisa di cek di sini.

Toilet jongkok, lebih umum digunakan di Indonesia (Asia), hal ini karena kita orang Indonesia selalu cebok menggunakan air. Selain itu sedari kecil kita memang diajarkan menggunakan toilet jenis ini. Memang… pada dasarnya lebih mudah mengajarkan balita untuk buang air besar sendiri di toilet jongkok daripada jenis duduk. Anda pasti kebayang betapa susahnya menyuruh balita buang air besar sabil duduk di toilet yang cukup tinggi, bisa-bisa mereka kecebur masuk kedalamnya.

Kekurangan toilet duduk juga ada yakni; cipratan air mandi, atau limpahan air bak mandi (jika berlebih) bisa dengan mudah masuk kedalam tilet. Sering sekali ada kasus septic tank penuh karena masuknya air dari bak mandi (mungkin penghuni rumah lupa mematikan keran air), sehingga harus menyewa jasa sedot wc. Harga toilet jongkok jauh lebih murah daripada toilet jongkok.

Walaupun kesannya tradisional / kuno tapi saya lebih merekomendasikan anda menggunakan toilet jongkok untuk kamar mandi, apalagi jika di rumah anda ada balita yang masih membutuhkan pendidikan buang air sendiri. Sekian, semoga bermanfaat.

Labels: ,

Anda sedang membaca artikel Pilih mana? Toilet duduk atau jongkok di blog Konsep Rumah. Sampaikan kritik saran anda kepada Author blog ini melalaui form kometar atau contact. Posted by Cineti Kreasi at 05:42

Apa tanggapan anda?

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home

Newer›  ‹Older